Jumat,
26 Oktober 2012
TUGAS
GRAFIK
NPM:13110243
Nama:
Henry Kasyfan
Kelas:
3KA28
membuat
Program sederhana dengan menggunakan OpenGL, disini saya mencoba untuk membuat
program OpenGL dengan compiler Dev C++.
Pertama
yang harus yang kita lakukan adalah mempunyai perlengkapan yang digunakan :
1. Dev C++ (pastikan komputer anda sudah
terinstal aplikasi ini)
2. Header glut (header yang digunakan
untuk OpenGL)
OpenGL (Pendahuluan)
OpenGL adalah suatu perangkat pembuat
grafis standard yang digunakan untuk keperluan – keperluan pemrograman grafis.
OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua
bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan
Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT,
dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri
dari 3 files yaitu :
1. Glut.h
2. Glut32.lib
3. Glut32.dll
Cara
menginstall (Dev C++ dan OpenGL)
Apa bila komputer anda tidak
terinstal Dev C++ anda bisa mendownloadnya disini ,lalu instal Dev C++ seperti
halnya menginstal aplikasi lainnya. lalu untuk menjalankan / membuat file
OpenGL anda harus memiliki Headernya , anda bisa mendownloadnya disini , dan
untuk menginstal header OpenGL berikut adalah langkahnya :
1. Masuk
kedalam Dev C++
2. Klik
menu tools > Pilih Package manager seperti gambar di bawah :
3. Klik
Install seperti gambar di bawah :
4. ganti
Files of Type menjadi (generic packages) ada file berekstensi (.rar atau .zip )
terbaca.
5. Klik
open,lalu ikuti langkah-langkahnya sampai selesai terinstal.
Lalu
setelah selesai menginstal Dev c++ dan header openGL, selanjutnya kita mencoba
untuk langsung membuat tugas program sederhana kita,cara membuat file baru
adalah :
1. Klik menu File > Pilih New >
Project .
2. Pada bagian ini pilih tag Multimedia
> lalu klik OpenGL dan beri nama Project.
Setelah
membuat project,lanjut kita untuk membuat program sederhana sebagai tugas mata
kuliah ini yaitu membuat garis
Vertikal,Horizontal dan Diagonal.
Membuat
garis Vertikal
Untuk membuat garis vertikal , lihat
pada project. begitu kita selesai membuat project pasti yang muncul adalah
bukan lembar kerja kosong pada umumnya,tetapi lembar kerja yang sudah terisi
source code untuk openGL ini. yang harus kita lakukan adalah mencari bagian
yang bertuliskan /* OpenGL animation code goes here */ . untuk mengerjakan
program dengan file multimedia OpenGL kita cukup mengubah-ubah pada bagian ini
saja
Untuk
membuat garis vertikal kita bisa tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
atau
apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk
membuat garis Vertikal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan
latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix
(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1);
// [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk menggambar garis dari titik yang
digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13); [ untuk
menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0); [
untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd
(); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix
(); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers
(hDC);
[digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep
(1)
Setelah selesai menuliskan code
pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile
dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di
save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol
yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan
menghasilkan output :
Membuat
garis Horizontal
Untuk membuat garis horizontal kita bisa
tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
atau
apabila gambar tidak terlihat jelas bisa dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk
membuat garis Horizontal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk
memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix(); [Membuat
baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk
menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1);
// [untuk
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f,
0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f,
0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f,
0.0f, 1.0f); [ untuk menentukan titik yang
digunakan ]
glVertex3f(0.6f,
0.0f, 0.0f); [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd(); [untuk
mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix();
[Membuat baris
kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers
(hDC);
[digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep
(1);
Setelah selesai menuliskan code
pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan file dengan mengcompile
dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile akan meminta untuk di
save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan dengan menekan tombol
yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program langsung berjalan dan
menghasilkan output :
Membuat
garis Diagonal
Untuk membuat garis diagonal kita bisa
tuliskan koding seperti gambar di bawah ini :
atau apabila gambar tidak terlihat jelas bisa
dilihat source code dibawah ini :
/*Untuk
membuat garis Diagonal*/
glClearColor
(0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk
membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear
(GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk
membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix
(); [Membuat baris
kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0); [untuk
menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1);
// [untuk
menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES); [untuk
menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8); [
untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1); [
untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd
(); [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix
(); [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku
untuk bagian luar]
SwapBuffers
(hDC);
[digunakan
untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep
(1);
Setelah
selesai menuliskan code pada bagian yang sudah saya beri tahu,coba jalankan
file dengan mengcompile dengan menekan tombol F9 , file yang akan di compile
akan meminta untuk di save, untuk itu save file dan beri nama lalu jalankan
dengan menekan tombol yang sama F9. jika tidak terdapat error makan program
langsung berjalan dan menghasilkan output :
sangat bermanfaat sebagai tambahan ilmu...
BalasHapusdisini juga banyak contoh projek programing opengl gan :
MYblog
==============================================
HapusMYblog
================================================
download header opengl dimna kak?
BalasHapus