Rabu, 04 Januari 2012

EKONOMI INTERNATIONAL

EKONOMI INTERNATIONAL

   Indonesia merupakan salah satu Negara yang terlibat di dalam multilateral business atau biasa dikenal dengan kegiatan ekonomi internasional.Hal ini dapat di buktikan dengan banyaknya usaha-usaha luar negeri yang berkembang di Indonesia seperti Mc Donalds,BMW,Adidas,dan Starbucks coffe.

   Ekonomi Internasional adalah hubungan ekonomi antar Negara yang tidak hanya menacangkup kepentingan satu Negara saja tetapi meliputi kepentingan seluruh dunia.Kerjasama ekonomi internasional dapat terjalin melalui perdagangan barang dan jasa antar Negara,penanaman modal asing,masalah hutang luar negeri,pengaruh perusahaan multinasional,badan-badan dunia(sepetiIMF,Bank Dunia,GATT,ASEAN),dan lain sebagainya.

   Hubungan ekonomi internasional menyangkut banyak aspek,baik yang berupa pertukaran barang dan jasa,pertukaran modal,dan kerjasama dibidang lainnya.Karena itu dalam ekonomi yang terbuka seperti Indonesia,pengaruh perubahan hubungan ekonomi internasional sangat besar bagi perekonomian dalam negeri.
Selama ini hubungan ekonomi internasional lebih banyak terjadi antar Negara-negara industry,misalnya hubungan ekonomi antar Negara-negara bagian utara.Sebab,Negara itu lebih mampu berproduksi secara efisien dan memiliki daya beli yang relative tinggi.Hubungan ekonomi antar Negara-negara berkembang dianggap relative kecil karena daya beli yang rendah dan kemampuan beproduksi yang rendah pula.

  Indonesia terdiri dari beribu-ribu pulau yang terletak dijalur perdagangan internasional.Tidak hanya itu,Indonesia juga memiliki sumber daya alam yang melimpah yang mendorong terjadinya perdagangan internasional.
Untuk menjaga keamanan kerja sama ekonomi internsional,para anggota membuat perjanjian yang dikenl dengan perjanjian multilateral.Didalam perjanjian tersebut dijelaskan tindakan apa saja yang boleh dilakukan,batasan-batasan tindakan,serta tindakan yang tidak boleh dilakukan beserta sanksi atas pelanggaran tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar