Rabu, 04 Januari 2012

PERAN PEMERINTAH DALAM KEGIATAN EKONOMI

PERAN PEMERINTAH DALAM KEGIATAN EKONOMI

   Ekonomi selalu dikaitkan dengan kegiatan  produksi,distribusi,produsen,konsumen,dan pasar.Tidak banyak pelaku-pelaku kegiatan ekonomi yang mengetahui peranan pemerintah didalam kegiatan ekonomi.Misalnya saja pedagang-pedagang kecil seperti pedagang eceran,pedagang dipasar tradisional,bahkan para konsumen.

   Yang dimaksud pemerintah didalam kegiatan ekonomi adalah badan-badan pemerintah yang bertugas untuk mengatur kegiatan ekonomi.
Badan-badan pemerintah tersebuta antara lain:
1.Departemen pemerintahan
2.Badan pengatur penanaman modal
3.Bank sentral
4.Parlemen
5.Pemerintah Daerah
6.Angkatan Bersenjata,dan lain sebagainya.

   Badan-badan pemerintah tersebut memeiliki fungsi yng vital.Antara lain mengawasi  kegiatan rumah tangga dan perusahaan supaya mereka tidak melakukan kegiatan yang tidak wajar dalam kegiatan ekonomi yang dapat merugikan pemerintah.Yang dimaksud dengan kegiatan yang tidak wajar misalnya pembentukan harga yang terlalu tinggi dan memberatkan konsumen.

   Peranan pemerintah didalam kegiatan ekonomi tidak hanya sebagai fungsi pengawas.Pemerintah juga dapat melakukan kegiatan ekonomi sendiri.Pihak yang dirugikan apabila pemerintah melakukan kegiatan ekonomi adalah pihak swata.

   Adapun kegiatan ekonomi yang dilakukan pemerintah antara lain dalam kegiatan pengembangan prasarana ekonomi dan pengembangan prasarana sosial.Pengembangan prasarana ekonomi misalnya pembangunan jalan-jalan,jembatan,pelabbuhan dan lapangnan terbang.Kegiatan tersebut sangat penring bagi kegiatan ekonomi lain tetapi kegiatan tersebut memakan modal yang sangat besar.Dan modal yang telah ditanamkan  adakalanya tidak bisa dikembalikan lagi.Adapun kegiatan pengembangan prasarana sosial antara lain institusi pendidikan,badan-badan penyelidikandan meyediakan jasa-jasa yang penting peranannya dalam perekonomian seperti jasa angkutan kereta api dan udara,jasa pos,telepon,telegram,dan sebagainya.

   Sektor ekonomi dibedakan menjadi dua,yaitu sector pemerintah dan sector swasta.Produksi sector pemerintah adalah hasil-hasil kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh badan pemerintah.Sedangkan produksi sector swasta adalah hasil-hasil kegiatan ekonomi yang diilakukan  perusahaan-perusahaan yang dimiliki masyarakat.

   Pajak merupakan alternative yang digunakan pemerintah untuk membiayai pengeluarannya.Pajak tersebut diberatkan kepada rumah tangga dan perushaan.Pajak yang dipungut pemerintah dibedakan menjadi dua,yaitu pajak langsung dan pajak tak langsung.Pajak langsung adalah pajak yang secara langsung di bebankan kepada orang-orang atau badan-badan yang memperoleh pendapatan atau keuntungan dalam kegiatan ekonomi.contoh pajak langsung adalah pajak pendapatan perseorangan dan pajak perusahaan.Pajak tak langsung adalah diperoleh dari pajak penjualan,ekspor dan impor.

Selain dari pajak,pemerintah mendapat pendapatan dari berbagai kegiatan seperti:
1.Pembayaran royalty yang dipungut dari perusahaan-perusahaan yang mengekploitasikan kekayaan alam seperti minyak dan hasil hutan.
2.Keuntungan perusahaan-perusahaan yang dimilikinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar