Rabu, 04 Januari 2012

PASAR MONOPOLI

PASAR MONOPOLI

   Dalam teori ekonomi,sering didengar istilah pasar,baik pasar yang praktiknya dapat dilihat kenyataannya seperti pasar tradisional ataupun pasar mingguan maupun pasar yang hanya dikenal secara teorinya saja.Pasar dapat diartikan sebagai tempat bertemunya antara penjual dan pembeli.Tetapi,sebagian besar orang mengartikan pasar sebagai tempat terbentuknya keseimbangan harga.

    Pasar monopoli adalah satu bentuk pasar yang hanya menjual satu perusahaan saja.
Pasar mmonopoli memiliki beberapa cirri-ciri,antara lain:

1.Pasar Monopoli Merupakan Industri Satu Perusahaan
Maksudnya,pasar ini hanya memiliki satu perusahaan saja sehingga barang atau jasa yang dihasilkan tidak dapat dibeli ditempat lain.Syarat-syarat penjualan ditentukan oleh pasar sehingga konsumen tidak dapt berbuat apa-apa dalam menentukan syarat jual beli.

2.Tidak Memiliki Barang Pengganti Yang Mirip
Barang yang dihasilkan pasar monopoli merupakan satu-satunya barang yang seperti itu dan tidak ada barang lain yang dapat menggantikannya.Sehingga,mau tidak mau konsumen tetap menggunakan barang atau jasa tersebut.Contohnya listrik.Listrik tidak dapat digantikan oleh apapun.Apabila listrik mengalami gangguan,lampu minyak atau lilin dapat digunakan sebagai alternative untuk menerangi.Tetapi lampu minyak tidak dapat menggantikan fungsi listrik untuk memanaskan setrika atau menyalakan televisi.

3.Tidak Terdapat Kemungkinan Untuk Masuk Kedalam Industri
Ciri-ciri ini merupakan cirri-ciri khsus pasar monopoli,dimana perusahaan lain tidak dapat masuk ke dalam industry perusahaan tersebut sehingga tidak ada yang dapat menyamai perusahaan tersebut.

4.Dapat Mempengaruhi Penentuan Harga
Pasar mononpoli merupakan satu-satunya penjual dalam pasar sehingga pasar monopoli menguasai dalam pembentukan harga.Dengan mengadakan pengendalian keatas produksi dan jumlah barang yang ditawarkan perusahaan momopoli dapat menentukan harga pada tingkat yang dikehendakinya.

5.Promosi Iklan Kurang Dibutuhkan
Pasar monopoli tidak memerlukan iklan karena masyarakat dengan sendirinya akan mencari barang tersebut.Apabila pasar monopoli mengadakan iklan,hal tersebut dilakukan hanya untuk mmelihara hubungan baik dengan masyarakat.

Pasar monopoli terwujud karena adanya factor pendukung.Faktor-faktor tersebut antara lain:
1.Memiliki Sumber Daya Yang Unik
Salah satu factor penting dalam pasar monopoli adalah sumber daya yang dimanfaatkan merupakan sumber daya yang unik.Makkudnya,tidak ada perusahaan lain yang memiliki sumber daya tersebut.Keunikan barang tersebut akan dijadikan sebagai sesuatu yang menonjol atau sesuatu yang khas dan tidak dimiliki perusahaan lain sehingga dengan mudah dapat menarik perhatian konsumen.
2.Dapat Menikmati Skala Ekonomi
Perusahaan monopoli pada umumnya dapat menikmai skala ekonomi hingga ke tinkat produksi yang sangat tinggi.

3.Kekuasaan monopoli yang Diperoleh melalui peraturan Pemerintah
Maksudnya,monopoli terwujud dan berkembang melalui undang-undang karena pemerintah memberikan hak monopoli kepada perusahaan tersbebut.

Campur Tangan Pemerintah Didalam Pasar Monopoli
Pemerintah memiliki peran yang cukup penting didalam pasar monopoli.Apabila pasar monopoli memproduksi sedikit barang,tentu harga yang ditawarkan cukup tinggi.Dalam kasus ini sangat dibutuhkan peran pemerintah,yaitu untuk menyetabilkan harga dan meringankan beban para konsumen untuk memperoleh barang yang dihassilkan pasar monopoli tersebut.
Cara yang digunakan pemerintah untuk menyetarakan harga di pasar monopoli,antara lain dengan memberikan subsidi..Cara lain yang dapat dilakukan pemerintah didalam usaha untuk menetapkan harga yang wajar dan jjumlah penawaran barang yang mencakupi adalah menetapkan harga pada tingkat dimana harga sama dengan biaya rata-rata.

Monopoli Dan Kesejahteraan Masyarakat
Pasar monopoli akan memperoleh keuntungan yang lebih dari normal.Keuntungan ini akan dinikmati oleh pengusaha-pengusaha monopoli dan para pemegang saham. Pengusaha-pengusaha monopoli dan para pemegang sahamnya umumnya terdiri dari penduduk berpendapatan tinggi.Sedangkan penduduk yang tegolong miskin hanya menjadi pekerja dan tidak ikut turut serta menikmati keuntungan yang lebih dari normal tersebut.Tentu saja keadaan ini merugikan bagi masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar